Empati

Bismillah,

Apa itu empati?
Kamu tidak akan pernah paham dengan baik apa definisi kata ini. Sekalipun kamu belajar di kelas, membaca buku, mendengar ceramah, kamu tidak bisa seratus persen mengerti bagaimana empati itu.

Kalau kamu mau tahu apa itu empati, kamu harus mencobanya sendiri. Kamu harus benar-benar berdiri sebagaimana orang lain berdiri. Kamu harus benar-benar menangis sebagaimana orang itu menangis. Kamu harus benar-benar pernah kecewa seperti kecewanya orang lain. Kamu harus bertindak persis layaknya orang itu bertindak. Dengan begitu kamu dapat lebih memahami kata empati. Bahkan bisa jadi lebih hafal  bagaimana perasaan itu dibandingkan yang lain.

Seorang ahli jiwa dan perilaku manusia, sekalipun mampu menagis di hadapanmu saat engkau menangis dan menunjukkan isyarat penguatan dan semangat, hanya bisa melakukannya dengan sepenuh hati ketika ia pernah merasakan hal yang sama dengan apa yang saat itu kamu rasakan. Jika tidak begitu, mata mungkin hanya berkata iba, tangan hanya berarti sebuah genggaman, raut wajah hanya menjadi goresan tanpa sedikit pun mengalirkan energi kekuatan, ketabahan.

Aku ingin bilang bahwa empati itu adalah bekal berharga yang mampu melindungi benang emas persahabatanmu dengan orang-orang sekitarmu. Itu saja.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.