PGP Tesis

Bismillah...

Huaaa! Akhirnya.
Rinduuu (nulisnya :p)

Jadi sebulan belakangan, yang pas banget terakhir intensif nulis tanggal 26 bulan lalu, saya jadi lebih jarang menulis di blog. Eng, apalagi sebabnya selain tesis *.*
Engga sih, beberapa kesibukan internal juga, tapi bobot tesis lebih besar hehe

Ceritanya, awal tahun lalu saya bingung banget. Kalau mau dibilang resah juga boleh.
Pasalnya, topik tesis saya sangat bergantung pada ketersediaan infrastruktur yang memadai. Tapi ini mahal pake banget; apalagi kalau mau lebih cepet. Saya cerita ke orang tua, mungkin akan sulit lulus lebih cepat. Saya bahkan waktu itu sempat mengatakan ke orang tua, "Bedanya kalau waktu TA masih culun Ma, sekarang juga masih banyak ngga tau tapi kali ini seperti bisa mengusahakan tapi sangat sulit karna terkendala kebutuhan komputer yang canggih" (cerita dengan sedih)
Sampai saya benar-benar tawakal. Bahkan nyaris pasrah, apapun ya Allah.

Saya kepikiran untuk kerja. Walau jika akan lulus lebih lama. Gajinya akan saya gunakan untuk menyewa cloud service di mana pun yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sebagai persiapan, saya bahkan sudah membuat akun Jeni*s agar bisa transaksi internasional dengan debit biasa tanpa harus dengan kartu kredit. Hiks, padahal pas  dijelasin beberapa fitur ditujukan untuk membuat bunga bagi pelanggan semakin besar T^T. Ah, tentu saja tidak saya isi tabungannya dulu. Uangnya belum ada kan ehehe. Yang penting coba dulu, pikir saya.

Saya juga mencoba melakukan pemodelan dengan ngubek-ngubek laptop si Uni (laptop saya ngga memehuni spek). Ubek-mengubek ini sudah saya lakukan sebelumnya, tapi malah jadi error. Kegiatan ini saya freeze selama beberapa waktu karena memikirkan alternatif untuk sewa server. Ternyata bisa pinjem server dosen. Alhamdulillah. Pas coba jalanin program, error karena drivernya ngga compatible. Saya jadi semakin tidak enak ke dosen (bukan pembimbing) karena sudahlah cupu, saya merepotkan. Saya mencoba kembali ubek-ubek laptop Uni. Install yang dibutuhkan, program dijalankan... dan Bisa. Allahuakbar banget.

Kenyataannya adalah, saya harus melakukan beberapa kali iterasi sebagai eksperimen. Jika menggunakan laptop uni, hasil iterasi pertama baru saya dapatkan setelah dua minggu. Jejeng... Gempor nungguinnya ga tuh.

Beberapa hari setelahnya dosbing mengabari kalau saya bisa pake servernya :")
Tepatnya saya dikabari Senin 3 minggu lalu. Begitulah, saya mengusahakan tesis hingga hari ini seminar. Sejujurnya, kerjaan saya masih jauh dari kata selesai. Bahkan dari seminar tesis tadi dosen sudah mendaftarkan saya untuk sidang 2 minggu lagi dengan pemahaman saya yang masih begini :"|

Nah, di momen ini sebetulnya saya punya peluang menolak dan mengundur waktu sidang hingga bulan depan dan lulus di periode juli. Tapi ada satu ruang di akal saya yang menggemakan untuk benar-benar mewujudkan frasa "saya bisa mengusahakan" itu dengan utuh. Mencoba yang terbaik yang saya bisa lakukan.

Kalau coba diingat-ingat, ungkapan saya ke Mama pas cerita di atas sebetulnya adalah ungkapan sok-sokan karena bayangan saya waktu itu juga belum sempurna soal eksperimen ini. Jatohnya, justru seperti janji tersirat saya ke orang tua. Orang tua saya tidak memaksa lulus cepat kok. Ini lebih seperti orang tua dan dosen yang menaruh kepercayaan dan karena itu berat bagi saya mengambil pilihan sesuai kenyamanan diri.

Hm..sebetulnya saya juga penasaran, akan sejauh apa saya bisa melangkah
Semoga Allah selalu menuntun arah

Doa-doanya ya kakaaa
Btw, ini tulisan curhat banget ya ternyata :))
Ah iya, pokoknya ingin cerita

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.