Mereka dan Ramadhan #4

Bismillah
Bismillah
Bismillah...

Riri: Gi, tolong aku! Rasanya puasaku bisa batal, rusak udah :'(
Gigi: Sabar Ri, istigfar.
Riri: (take a deep breath) astagfirullahaladziim
Gigi: kenapa Ri?
Riri: Kalau statement ini keluar dari orang yang ngga pernah syahadat aku sama sekali ga masalah Gi. Sungguh. Tapi kalau ini keluar dari mulut saudaraku sendiri, aku harus gimana Gi?!
Gigi: soal "hormati orang yang tidak berpuasa?"
Riri: ...
Gigi: duduk dulu deh Ri, biar reda.
Riri: ini bukan soal kita Gi, ini soal pengenalan rukun islam pada anak-anak. Kalaulah ada orang seumuran kita yang masih mudah tergoda sama sekedar makanan enak, minuman menggiurkan yang nyebar di iklan bahkan di pinggir jalan, itu agaknya perlu evaluasi Gi. Tapi kalo anak-anak wajar. Ada anak yang sama orang tuanya dibujuk sedemikian supaya jadi juara menyelesaikan tantangan puasa ramadhan. Mulai dari puasa setengah hari, puasa sebulan walau bolong sesekali, sampai akhirnya si anak bisa puasa full dan ikhlas, itu orang tuanya berjuang! Huh, keikhlasan puasa orang seumur kita aja masih perlu dilatih terus kan Gi? Ngga banget Gi, misal si anak ini udah berjuang nahan sampe jam 4 sore, pas diajak main sama temen-temennya menjelang berbuka, ngga tahunya ada temennya yang lagi jilat-jilat ice cream, mana kesukaan si anak ini ice cream lagi, dia mesti ngapain untuk menghormati temennya? Ngeliatin? Berharap dia dengan ikhlas bilang "lanjutin makannya teman"? Atau pulang aja dan mengurung diri di rumah, ngga bersosialisasi?
Gigi: Riri, kalo marah waktu berdiri gimana?
Riri: udah, ini duduk
Gigi: kalo masih walau duduk?
Riri: baring..
Gigi: :) silakaaan baring nona! :)
Riri: ini kan pinggir jalan Gi! ~_~"
Gigi: hehe. makanya Udahan ya Ri...Kita ngga tahu, mungkin aja itu cara ia agar tetap bijaksana, walau mungkin kurang tepat. Jadi pelajaran juga buat kita bahwa toleransi itu bukan satu arah, tapi dua arah.  Bukan kita saja yang perlu dihormati. Baik yang puasa maupun tidak puasa hendaknya dapat saling memahami. Yang tidak puasa menghargai yang puasa, yang puasa memanajemen pikiran dan hati agar tetap berpositif thinking. Mungkin maksud saudara kita tersebut adalah agar kita yang puasa tidak perlu terlalu banyak komentar, yang tidak puasa butuh makan. Siapa tahu memang "bukan" kewajibannya puasa, siapa tahu dilarang puasa, siapa tahu sedang sakit. Bukankah terlalu banyak komentar berujung gosip, yang ngga ada manfaat melainkan mudharat buat puasa kita.
Riri: ah iya Gi. Maaf...
Gigi: oiya kok tumben lewat sini Ri? Mana gitu kamu jalannya hemat hemat banget, ayu kayak puteri
Riri: ehehe, kamu sadar ya? Abis aku lupa kemarin-kemarin. Kan kalau melangkah untuk shalat berjama'ah ke mesjid itu bagusnya pulang sama pergi beda Gi.
Gigi: Iya juga ya, aku baru inget juga gara-gara kamu Ri!
Riri: nah soal hemat, kan kalo ke mesjid itu tiap langkah jadi pahala Gi, berhubung jarak tempat tinggal kita ke mesjid ngga terlalu jauh jadi harus hematin lebar langkah biar kaya pahala :D
Gigi: oiya, soal itu Ri, yang ke masjid pake motor gimana ya?
Riri: Nah, aku juga pernah mempertanyakan itu Gi, hipotesis sementara per putaran roda hahha ngarang parah akunya :3
Gigi: Ri, mau ngebandingin ga, banyak mana langkah hemat ini dibanding putaran roda? Kalo banyakan putaran roda kita naik sepeda aja ke masjidnya...
Riri: Hm, kayaknya langkah yang lebar sebanding sama sepeda yang jari-jari rodanya besar deh Gi. Kalo hemat langkah ini kayak pake sepeda Fam*ly kita waktu kecil itu yang roda tiga. Hahaha. Kamu aja yang pake itu, aku lebih baik menghemat langkah pulang-pergi :))


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.