Bicara Tentang Visi Misi

Bismillah,

Akhir-akhir ini himpunan jurusan di kampus sedang disibukkan dengan pemilu ketua himpunan. Ketika hearing ketua himpunan kami para masa himpunan diberikan print out visi misi calon ketua himpunan. Sesuatu terlintas dalam benakku, bahwa dulu Sang Pemimpin terbaik umat ini pun punya visi dan misi. Sang cahaya bumi yang menjadi rahmat semesta alam, beliau lah kekasih Allah. Beliau memimpin dengan visi "memurnikan tauhid" dan misi "memberikan keteladanan terbaik pada umat", visi dan misi apa yang lebih baik daripada hal ini? :)
Debatan dan hujatan yang beliau terima pun bertubi-tubi. Perlu beribu-ribu kali Rasul menjelaskan pada umat tentang suatu perkara agar umat paham untuk apa bertauhid, kenapa harus mengabdi pada Rabb, atas dasar apa umat berislam, kemudian mengajak umat bergerak, beramal dengan keikhlasan yang murni dengan memimpin, memberikan contoh dan mempraktekan amal tersebut untuk dilakukan secara jama'i, bersama-sama dengan umat. 
Ya, melalui dua hal ini beliau mengajarkan umat, dua hal yang terdengar simple tapi benar-benar membutuhkan keistiqamahan. Kedua hal ini membawa umat merasakan kenyamanan dalam beribadah, kenyamanan berjihad, kenyamanan beramal, kenyamanan berukhuwwah. Hingga seluruh sabahat termotivasi untuk berbuat lebih banyak dan semakin banyak untuk agama ini, seperti mendokumentasikan dan merapihkan suhuf-suhuf quran, menghafal hadits-hadits yang telah beliau riwayatkan, menggali dan mendalami ilmu pengetahuan berdasarkan prinsip-prinsip qurani. Sekarang pun hasil karya sahabat, tabi'i, tabi'in dan ilmuwan islam bisa kita rasakan mewarnai kehidupan kita. Dan satu hal yang paling penting adalah para pendahulu kita terinsipirasi oleh kebaikan akhlak dan keteladanan Rasulullah ini. Woaaa, keren sekali metode kepemimpinan ini kan? :')
Ayo terapkan metode ini, ya minimal untuk memimpin diri sendiri^^

Allahumma shalli wa sallim wa barik alaih...

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.